Profil DP2M

I. Pendahuluan

Sejalan dengan misi yang diemban oleh perguruan tinggi melalui konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sesuai dengan pasal 20 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, disamping menyelenggarakan pendidikan. Dalam hal ini misi yang diemban oleh Perguruan Tinggi pada dasarnya adalah menghimpun, memelihara dan menstransfer budaya, nilai-nilai (values) dan pengetahuan umat manusia dari generasi ke generasi. Dengan perkataan lain perguruan tinggi tidak saja dituntut untuk mentransfer pengetahuan melalui proses pengajaran, tetapi juga dituntut untuk mampu menghimpun dan menggali pengetahuan baru melalui penelitian dan pengembangan (research and development, R&D). Hal ini sejalan dengan Program Pembangunan Nasional (Propenas) 1999-2004 yang antara lain mengamanatkan agar pembangunan di bidang pendidikan mampu:

  1. Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk memantapkan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  2. Meningkatkan penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi bangsa sendiri dalam dunia usaha, terutama usaha kecil, menengah, dan koperasi guna meningkatkan daya saing produk yang berbasis sumberdaya lokal.
  3. Meningkatkan kualitas kemampuan meneliti tenaga akademik melalui pendidikan lanjutan dan pelatihan.
  4. Mendorong kerjasama penelitian dan pengembangan antar perguruan tinggi, serta antara Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian / dunia usaha baik nasional maupun internasional, khususnya untuk mendukung pengembangan sumberdaya lokal.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas serta mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 176/O/2001, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi c.q Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditbinlitabmas) diharapkan berperan dalam pembinaan dan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi melalui:

  1. Perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sistem informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta strategi program;
  2. Pembinaan dan pengembangan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kreativitas mahasiswa;
  3. Pengelolaan sistem informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta pengembangan strategi program.

Sebagaimana dimaklumi Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditbinlitabmas) merupakan salah satu Direktorat yang berada pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen-DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Sesuai dengan SK Nomor 010/U/2000 struktur organisasi Ditbinlitabmas berdiri dari satu Sub bagian Tata Usaha dan empat Sub Direktorat. Keempat Sub Direktorat tersebut terdiri dari:

  1. Sub Direktorat Pengembangan Penelitian;
  2. Sub Direktorat Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat;
  3. Sub Direktorat Pengembangan Sistem Informasi dan Strategi Program;
  4. Sub Direktorat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa.

Profil DP2M

Username
Password

Visitor :

counter customizable free hit