Profil DP2M

II. Misi, Tujuan dan Sasaran

A. Misi dan Tujuan

Misi yang diemban oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah mendukung dan memacu tumbuh kembangnya kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi yang berorientasi kepada peningkatan kualitas pendidikan tinggi, daya saing bangsa dan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan. Secara spesifik misi tersebut bertujuan untuk:

  1. Mendukung Pengembangan kapasitas (capacity building) Perguruan Tinggi dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan termasuk pengabdian kepada masyarakat dan kreativitas mahasiswa guna peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Memfasilitasi kegiatan penelitian, dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat, dan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi secara proporsional dan kompetitif.
  3. Mendorong berkembangnya kemitraan/kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan industri dan masyarakat dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS, termasuk dalam aspek kewirausahaan dan kreativitas mahasiswa.
  4. Mendukung penyebarluasan (diseminasi) hasil-hasil penelitian dan pengembangan, serta pelindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  5. Mengembangkan jejaring informasi dan kelembagaan dalam pengembangan IPTEKS, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Pada tataran kebijakan nasional, salah satu rujukan pelaksanaan misi Ditbinlitabmas adalah Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP) 2003-2010. Dalam KPPTJP tersebut secara eksplisit diungkapkan lima isyu stratejik dalam bidang pendidikan tinggi yang harus diantisipasi dan diakomodir oleh kalangan perguruan tinggi yaitu daya saing bangsa, kualitas dan relevansi, kesehatan organisasi (organizational health), akuntabilitas dan otonomi. Kelima isyu stratejik tersebut selayaknya mewarnai kebijakan dan program yang dikembangkan oleh jajaran Ditbinlitabmas.

B. Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai melalui pelaksanaan lima misi Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah:

  1. Berkembangnya budaya penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi sejalan dengan peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan perkembangan atmosfir akademik di kampus-kampus.
  2. Makin kokohnya sinergi diantara Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) sejalan dengan peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi.
  3. Meningkatnya manfaat dan dampak hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kreativitas mahasiswa terhadap kesejahteraan rakyat dan martabat bangsa.
  4. Berkembangnya pusat-pusat unggulan stratejik (strategic centers of excellence) dalam pengembangan IPTEKS yang menjadi prioritas kepentingan nasional.
  5. Berkembangnya budaya kewirausahaan (entrepreneurship) di kalangan dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari pengembangan kemandirian dan daya saing masyarakat akademik

Profil DP2M

Username
Password

Visitor :

counter customizable free hit